Petunjuk Penggunaan

Saat ini PenelitiHukum.org telah berhasil mengumpulkan lebih dari 6000 kata atau kumpulan kata berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia (1946-saat ini).

PenelitiHukum.org menyediakan data mengenai definisi suatu kata atau kumpulan kata berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia dari tahun 1946 sampai dengan undang-undang terbaru. Saat ini PenelitiHukum.org telah berhasil mengumpulkan ribuan kata atau kumpulan kata (1946-saat ini) (dalam proses pemindahan data).

Data ini diberikan cuma-cuma kepada pengunjung PenelitiHukum.org sebagai kontribusi PenelitiHukum.org menyebarkan pengetahuan mengenai hukum di Indonesia. Diharapkan hasil penelitian para pengunjung PenelitiHukum.org dapat memberikan pencerahan yang bermanfaat bagi perkembangan hukum di Indonesia.

PenelitiHukum.org bukan hanya untuk “orang hukum” saja. Siapapun dapat merasakan manfaat dari PenelitiHukum.org. Para peneliti hukum, peminat hukum, atau siapapun anda dapat menggunakan PenelitiHukum.org sebagai langkah awal dalam melakukan suatu penelitian hukum maupun non-hukum (artikel, makalah, skripsi, tesis, ataupun disertasi).

Anda dapat mencari kata-kata yang anda ingin ketahui definisinya berdasarkan undang-undang dengan menggunakan search engine “masukan kata yang anda cari” (dianjurkan) dibagian tengah bawah website PenelitiHukum.org ataupun dengan membuka folder kategori sesuai dengan huruf depan dari kata yang anda cari.

Salah satu hal penting untuk digarisbawahi adalah konsep data pada PenelitiHukum.org berbeda dengan kamus umum biasa. Oleh karena itu dalam membaca definisi-definisi tersebut anda perlu melihatnya dalam konteks apa definisi-definisi tersebut sedang dibahas (dalam undang-undang apa) agar definisi-definisi tersebut tetap relevan sesuai konteksnya.

PenelitiHukum.org sengaja memasukan definisi suatu kata atau kumpulan kata yang terdapat dalam undang-undang yang sudah tidak berlaku lagi demi kepentingan penelitian legal-historis. Dengan ini para peneliti hukum dan para peminat hukum dapat mengetahui bagaimana proses suatu definisi kata atau kumpulan kata mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman.

Karena keterbatasan SDM, PenelitiHukum.org tidak dapat menampilkan status hukum dari definisi suatu kata atau kumpulan kata yang ada di dalam database PenelitiHukum.org. Oleh karena itu, diharapkan agar para pengunjung PenelitiHukum.org untuk selalu memperhatikan status undang-undang tersebut secara mandiri. PenelitiHukum.org tidak bertanggung jawab atas ketidakakuratan data dalam PenelitiHukum.org.

Terima kasih atas kunjungan anda. Semoga PenelitiHukum.org dapat bermanfaat untuk penelitian anda.

Salam hangat,

Handa S. Abidin, S.H., LL.M., Ph.D.

Pendiri PenelitiHukum.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: