Prodi Hukum Bisnis Tatap Muka dengan Komisi III DPR

 

DPR2

Kamis (8/10/2015) pekan lalu mahasiswa Program Studi (Prodi) Hukum Bisnis, Podomoro University, mengikuti “kuliah” dengan Komisi III DPR RI di ruang rapat komisi tersebut, Gedung Nusantara II, Jl. Gatot Subroto, Jakarta. Komisi III adalah komisi yang membidangi masalah-masalah hukum di Indonesia.

Pada kunjungan tersebut, para mahasiswa diterima langsung oleh Ketua Komisi III Azis Syamsuddin dan sejumlah anggota DPR lainnya, seperti Ruhut Sitompul dan Arsul Sani. Pertemuan yang dihadiri oleh para staf ahli Komisi III dan staf pendukung lainnya tersebut dipimpin langsung oleh Aziz Syamsudin.

DPR2Kunjungan Prodi Hukum Bisnis ke Komisi III DPR RI: Membahas isu revisi UU tentang KPK hingga pembunuhan aktivis Salim Kancil.

Selama kunjungan, para mahasiswa Prodi Hukum Bisnis aktif berdiskusi dan menanyakan sejumlah hal kepada anggota DPR. Contohnya, Marcell Anggara dan Kenny Wangestu yang menanyakan permasalahan revisi UU tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lalu, Edi Sumanto juga membahas masalah Salim Kancil, aktivis lingkungan hidup yang tewas dibunuh akibat melakukan aksi penolakan penambangan pasir ilegal di Desa Selok Awar-awar di Lumajang, Jawa Timur. Mahasiswa yang lain, Aryo Suhada, menanyakan mengenai materi-materi aktual yang sedang dibahas oleh Komisi III.

Setelah kunjungan secara resmi ditutup, para mahasiswa masih melanjutkan diskusinya dengan para anggota dewan. Mereka bertanya sejumlah hal kepada Ruhut Sitompul serta Staf Ahli Komisi III DPR RI, seperti Afdhal Mahatta dan David Tenggara. Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa juga mengunjungi Perpustakaan DPR RI.

DPR3Usai kunjungan, para mahasiswa dan dosen Prodi Hukum Bisnis berfoto bersama di ruang rapat Komisi III.

Kata Ketua Prodi Hukum Bisnis, Handa Abidin Ph.D., “Kunjungan ke DPR RI adalah bagian dari kegiatan pembelajaran. DPR adalah salah satu “laboratorium organik”, tempat kami bisa belajar banyak hal.” Jika belajar mengenai DPR hanya di ruang kelas, lanjut Handa, mahasiswa bisa cepat lupa. Sebaliknya jika proses pembelajaran dilakukan langsung di DPR, mereka akan lebih mudah ingat.

Handa juga berterima kasih kepada segenap pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI yang berkenan menerima rombongan dari Prodi Hukum Bisnis, Podomoro University. Selain itu, ia juga sangat bangga terhadap mahasiswa yang berani menyatakan pendapatnya.

Advertisements
Tagged , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: